Blog market andi_ic4nk group

Blog market andi_ic4nk group
kami menawarkan bisnis pulsa all operator. bebas biaya pendaftaran dan dapat di levelkan / dapat merekrut sub agen. dapat melakukan transaksi via YM dan HP. transaksi 24 jam.

Senin, 11 Februari 2008

bahan final pengantar ilmu ekonomi andi_ic4nk stimik dipanegara makassar

analisis biaya produksi ada dua yaitu:
1. jangka pendek(jangka waktu d mn perusahaan dapat menambah salah satu factor produksi yang d gnkn dlm proses produksi)
2. jangka panjang(jangka waktu d mn semua factor produksi dapt mengalami perubahan, yaitu jmlh nya dpt d tambah apabila pertambahan itu memang diperlukan)

biaya produksi adalah semua pengeluaran yang dilakukan perusahaan untuk memperole faktor2 produksi dan bhn2 mentah yg akan dgunakan untuki menciptakan barang2 yang dproduksinya.

Biaya produksi ada 2:
1. biayas eksplisit(pengeluaran perusahaan yang berupa pembayaran dengan uang untuk mendapatkan faktor2 produksi dan bahan menah yang dbutuhkan)
2. biaya ersembunyi (taksiran pengeluaran trh faktor2 produksi ang dimiliki oleh perusahaan itu sendiri)

jenis2 biaya total:
biaya tetap total(total fixed cost)
biaya berubah total (total variable cost)
biaya total (total cost)

jenis2 biaya rata2 dan marginal
biaya tetap rata2 (average fixed cost)AFC=TFC/Q
biaya berubah rata2 (average variable cost) AVC=TVC/Q
biaya total rata2(average total cost) ATC=TC/Q
biaya marginal(marginal cost) MCN =∆TC/∆Q

STRUKTUR PASAR
Pasar persaingan sempurna(struktur pasar atau industri d mn terdapat banyak penjual dan pembeli, dan setiap penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi keadaan pasar.
Ciri:
Perusahaan adalah pengambil harga
Setiap perusahaan mudah keluar atau masuk kepasar
Menghasilkan barang serupa
Terdapat banyak perusahaan di pasar
Pembeli mempunyai pengetahuan sempurna mengenai pasar

Pasar monopoli
Suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu perusahaan saja dan perusahan ini menghasilkan barang yang tidak mempunyai barang pengganti yang sangat dekat.
Ciri:
Adlah industri satu perusahaan
Tidak mempunyai barang pengganti yang mirip
Tidak terdapat kemungkinan untuk masuk kedalam industri
Dapat mempengaruhi penetuan harga
Promosi iklan kurang diperlukan
Pasar persaingan monopolistic
Suatu pasar d mn terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang yang berbeda corak(differentiated products)
Ciri:
Terdapat banyak penjual
Barang bersifat corak
Perusahaan mempunyai sedikit kekuasaan menguasai harga
Untuk masuk ke dalam suatu industri relative mudah
Persaingan promosi penjualan sangat aktif

Pasar oligopoly
Pasar yang hanya terdiri dari sekolompok kecil produsen
Cirri:
Menghasilkan barang standar maupun barang berbeda corak
Kekuasaan menentukan harga
Pada umumnya perusahaan oligopoly perlu melakukan promi\osi secara iklan

BENTUK2 ORGANISASI PERUSAHAAN
-PERUSAHAAN PERSEOANGAN(perusahaan terbanyak jumlahnya dalm setiap perekonomian)
-FIRMA(PERUSAHAAN PERKONGSIAN)organisasi perusahaan yang dimiiki oleh bebera[a orang.
-PERSEROAN TERBATAS(berntuk perusahaan yang paling penting)
-BENTUK LAIN ORGANISAI PERUSAHAAN:
Perusahaan milik Negara(BUMN) perbedaannya dengan perseroan terbatas adalah pada pemilikan perusahaan tersebut, yaitu saham2 dari perusahaan Negara adalah dimiliki oleh pemerintah.
Kopersi(perusahaan yang didirikan bukan untuk mencari keuntungan tetapi untuk melindungi kepentingan para anggotanya) koperasi ada 3 yaitu kop konsumsi, kop produksi, kop kredit.

Dalam teori ekonomi perusahaan(firma) adalah suatu badan usaha yang mengguanakan faktor2 produksi barang2 yang dibutuhkan. Sedangkan industri adalah perusahaan yang menjalankan operasi dalam bidang kegiatan ekonomi yang tergolong kedalam sector sekunder.




Elastisitas permintaan (ukuran kuantitatif yang menunjukkan sampai dimana besarnya pengaruh perubahan harga terhadap perubahan permintaan)
Permintaan yg elastis
perubahan harga yang kecil menimbulkan perubahan yang besar terhadap jumlah barang yang diminta.
Permintaan yg tidak elastis(kebalikan nya)
-elastisitas dibedakan menjadi 3(elastisitas permintaan, elststs pendapatan, elaststs permintaan silang)
-koefisien elsts permintaan (nilai perbandingan antara persentasi perubahan jumlah diminta

dengan persentasi perubahan harga )
Jenis2 elastisitas:
-tidak elastis sempurna (Ed=0)
-elastis sempurna, (ed=˜)
-elastis uniter, (Ed > 0 < 1 )
-tidak elastis (Ed > 1)

0 komentar:

New artikel

Pengikut

jasa install komputer

jasa install komputer
kami menerima jasa install komputer. klik gambar diatas untuk melihat ket.lengkapnya

  © Blogger template 'External' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP